Cara Memulai Karir Dalam Dunia Politik

Cara Memulai Karir Dalam Dunia Politik


Akhirnya Anda memilih untuk masuk ke dunia politik. Masuk ke dunia politik memang tidak mudah, namun dengan sikap yang baik, pemikiran yang baik, dan dengan kebijaksanaan, apapun mungkin dapat terjadi. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan masukan-masukan yang benar-benar dapat dijadikan sebagai sebuah referensi dalam karir politik Anda, baik di pemerintahan atau organisasi pemerintahan, sekolah, dll. Anda akan menjadi salah satu politisi terdepan di organisasi Anda!

1
Masuk Kedalam Jenjang Dunia Politik

  1. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 1
    1
    Mulailah bersukarela. Ketika Anda mendapatkan “Surat Izin Mengemudi”, mulai bersukarela adalah sebuah pilihan. Jika ada sesuatu terjadi di dalam komunitas Anda – cari tahu apa yang sedang terjadi. Datanglah ke rapat komunitas Anda, temukan seseorang yang memimpin komunitas Anda, dan bertanyalah apa yang bisa Anda bantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.
    • Secara umum, biasanya ada waktu sekitar 5-10 bulan bagi para sukarelawan untuk bersiap-siap sebelum waktu pemilihan umum, pemilihan umum apapun itu. Setiap empat tahun pasti akan ada kampanye pemilihan presiden, namun setiap dua tahun akan ada kampanye lebih kecil yang juga membutuhkan bantuan
    • Jika Anda mulai masuk ke dunia politik di waktu yang tepat, Anda akan berkelana di dunia politik yang menyenangkan. Menjadi seorang politisi bukanlah pekerjaan yang menarik, namun Anda perlu mulai mencobanya. Jika Anda menemukan kandidat yang pemikirannya sama dengan Anda, Anda akan lebih mudah masuk ke dunia politik tersebut.
  2. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 2
    2
    Masuklah perguruan tinggi. Hal ini tidak hanya membantu Anda untuk lebih mudah mencapai kesuksesan Anda di bidang politik, namun akan mempertemukan Anda dengan segudang organisasi dan orang-orang yang belum pernah Anda kenal dan temui. Lebih baik Anda mengambil jurusan ilmu politik, hukum, komunikasi atau statistik, tergantung pada tujuan utama Anda.
    • Jika Anda sudah bertegur sapa dengan teman sesama mahasiswa, temukan organisasi di kampus yang berhubungan dengan partai politik. Setiap kampus pasti memiliki satu organisasi yang berhubungan dengan partai politik dan Anda dapat meminta bantuan mereka untuk mencapai keinginan Anda sebagai politisi. Setelah itu, jadilah anggota aktif di dalam dunia politik kampus Anda.
    • Ketika Anda sudah mulai masuk organisasi di kampus, akan lebih baik jika Anda terlibat di pemilihan umum daerah Anda. Anda harus sesering mungkin mengikuti pemilihan umum daerah Anda. Semakin banyak orang yang mengenal Anda, semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan bantuan untuk masuk dunia politik dan semakin mudah juga jalan Anda untuk masuk ke dunia politik.
  3. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 3
    3
    Buatlah surat lamaran Anda dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menambahkan organisasi kemiliteran dan organisasi yang tidak mencari keuntungan. Setidaknya, beberapa nama yang pernah menjabat sebagai Presiden pasti memiliki jabatan militer di nama mereka.[1]
    • Jika Anda berpikir untuk masuk ke akademi milter, hal ini akan menjadi jalan bagi Anda untuk masuk ke dunia politik. Jika Anda berpikir untuk masuk sebagai anggota atau belajar menjadi seorang petugas, kepemimpinan, disiplin dan pengalaman dapat membuat surat lamaran politik Anda lebih menarik. Namun, masuk ke dunia kemiliteran lebih penting daripada dunia politik, sehingga pastikan bahwa Anda sadar akan bahaya dan tanggungjawab Anda sebelum membuat keputusan akhir.
    • Pilihan karir lainnya yang mungkin Anda pertimbangkan adalah bekerja sebagai sukarelawan di komunitas orginisasi yang tidak mencari keuntungan di daerah Anda. Dengan bekerja di organisasi tersebut, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang menggambarkan bahwa Anda peduli dengan orang-orang di sekitar Anda.
  4. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 4
    4
    Menjadi organisator lapangan. Setelah Anda melakukan hal diatas dan bertemu dengan orang-orang yang tepat, sekarang waktunya bagi Anda untuk melanjutkan karir Anda. Organisator lapangan adalah posisi yang masuk akal – Anda akan mengangkat sukarelawan untuk melakukan apa yang sudah Anda lakukan di daerah sekitar atau di kampanye yang terkoordinir.
    • Berkampanye di wilayah bagian cukup baik menjadi penjelasan dari diri Anda. Anda bekerja pada kandidat yang menjalankan beberapa jenis jabatan politik dalam negeri, mulai dari Sekretaris Pertanian hingga senator. Kadang kelompok tersebut cukup kecil – lebih sedikit dari ribuan anggota, sehingga satu orang dapat membahayakan keseluruhan kelompok (tentunya tergantung pada kandidat dan wilayah).
    • Kampanye yang terkoordinasi adalah kampanye dimana Anda bekerja untuk keseluruhan partai. Jika seluruh kantor membuka pemilihan umum, Anda sebaiknya melakukan kampanya seperti “sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui”. Sehingga, daripada saat itu Mrs.Jenkins hanya bekerja pada satu partai, lalu mengganti partai afiliasinya, lebih baik dia bekerja untuk seluruh partai di hari yang sama sehingga ia dapat menikmati hari-hari selanjutnya.
  5. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 5
    5
    Naiklah ke posisi pemimpin. Sekarang Anda telah membuktikan diri Anda, inilah waktunya untuk Anda mengawasi organisator lapangan dan bekerja dengan partai di wilayah Anda. Anda akan berbicara dengan kelompok yang beragam dan benar-benar merepresentasikan partai dan kandidat Anda.
    • Anda juga dapat mengangkat pegawai lapangan jika Anda sudah menguasai materi Pemimpin Lapangan.
  6. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 6
    6
    Mengatur kampanye. Sekarang saatnya untuk Anda mengawasi implementasi dari rencana keseluruhan kampanye. Anda akan bergabung dengan tim direktur (pengumpulan dana, komunikasi, pengawas keuangan dan simpanan) dan memastikan semuanya berjalan dengan lancar.
    • Jika kandidat Anda menang, Anda mungkin akan menerima tawaran kerja di kantor pemerintah. Sehingga, dari perspektif Anda, akan lebih baik bagi Anda untuk bekerja dengan kandidat yang benar-benar memiliki kemungkinan untuk menang. Inilah waktunya untuk Anda bekerja di posisi Anda sendiri.

2
Menyesuaikan Profil Anda

  1. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 7
    1
    Relasi, relasi, relasi. Untuk menjaga jabatan politik Anda, Anda sebaiknya berkomunikasi dengan orang-orang. Pastikan bahwa Anda nyaman berbicara dengan orang-orang, dimanapun, dan siap bekerjasama dengan relasi yang Anda miliki. Cara yang mudah untuk melakukannya adalah datang ke pertemuan (dari komunitas hingga rapat partai nasional Anda). Jadilah public figure dalam partai Anda sebisa mungkin.
    • Mencapai setiap karir yang Anda inginkan biasanya selalu berhubungan dengan siapa yang Anda kenal, dan politik adalah contohnya. Berkerabat dengan mereka yang dapat mendukung Anda, pegawai kampanye, dan bahkan hanya pemberi suara harian adalah kunci menuju kesuksesan dalam dunia politik. Jika Anda memiliki kesempatan, Anda sebaiknya berteman dan bersahabat dengan banyak orang.
  2. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 8
    2
    Kuasai diri Anda. Jika Facebook Anda dipenuhi dengan foto-foto Anda yang sedang bersenang-senang, Anda bukanlah orang yang tepat untuk dijadikan representasi partai Anda. Belilah jas dan pastikan jas tersebut cocok untuk Anda – secara literal, iya, namun secara metafor mungkin lebih dari itu.
    • Kembangkan daya tarik Anda ketika berbicara di depan umum. Jika Anda sudah mahir berbicara di depan umum, juga opini Anda sejalan dengan mayoritas pemberi suara, usaha Anda akan gagal jika Anda tidak dapat membuat mereka percaya pada Anda.
    • Bersemangatlah, dimanapun Anda berada. Jika Anda menyesal telah pergi ke dewan kota ketika Anda ingin berada di wilayah yang lebih tinggi, hal tersebut akan diketahui oleh khalayak. Bersabarlah dan pedulilah terhadap perbedaan yang Anda coba buat.
    • Jagalah penampilan Anda. Setidaknya ketika memilih Presiden, kandidat yang memiliki penampilan lebih menarik hampir selalu menang.[2] Lebih pantas Anda terlihat sebagai Presiden, lebih besar kemungkinan Anda akan dipercaya. Lebih besar kemungkinan Anda dipercaya, lebih banyak pula suara yang Anda dapat. Berpakaianlah menggunakan jas yang rapi, dan mungkin topi untuk membuat penampilan Anda lebih baik.
  3. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 9
    3
    Berkomitmenlah. Dari hari pertama Anda memilih jalan ini, Anda harus mengetahui bahwa waktu Anda akan terkuras. Karir Anda akan menjadi bagian besar dari hidup Anda – apakah Anda siap? Meskipun hanya membutuhkan beberapa jam untuk bekerja, namun akan selalu ada hari (bahkan minggu) dimana Anda tidak memiliki waktu sama sekali. Maka dari itu, tanyalah diri Anda mengenai beberapa pertanyaan berikut ini:
    • Apakah Anda siap jika seluruh hidup Anda diketahui oleh umum, termasuk kesalahan-kesalahan Anda? Ingatlah bahwa banyak politisi menjadi sasaran skandal dalam karirnya.
    • Dapatkah Anda menyampaikan opini Anda dengan jujur meskipun jika sebagian atau bahkan banyak orang membenci Anda?
    • Dapatkah Anda berkomitmen untuk selalu memiliki sikap profesional dalam situasi apapun, bahkan dalam keadaan sepele?
    • Apakah Anda bersemangat untuk membuat keputusan yang menguntungkan rakyat yang Anda layani?
    • Apakah Anda dan keluarga Anda sudah bersiap-siap bahwa Anda mungkin memiliki jalan karir yang tidak stabil?
      • Jika Anda menjawab "iya," "cukup mudah," "betul sekali," "pasti," dan "kenapa tidak?" maka Anda pantas berada di karir ini.

3
Menjalankan Jabatan Pertama Anda

  1. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 10
    1
    Mulailah dari hal kecil. Jika Anda memiliki ambisi besar dalam karir politik Anda, ingatlah bahwa Roma tidak dibangun dalam satu hari. Politik adalah salah satu karir dimana Anda harus menghabiskan beberapa waktu sebelum Anda berada diatas. Jika Anda masih muda dan tidak memiliki beberapa pencapaian yang signifikan, inilah masalahnya. Berikut ini adalah poin pertama yang bagus untuk Anda:
    • School Board: Menjadi anggota di sekolah Anda mungkin cukup mudah, dan hal tersebut akan memberikan Anda kesempatan untuk berhubungan dengan orang-orang penting di daerah Anda. Memiliki pengalaman ini di surat lamaran kerja Anda akan membuat Anda lebih mudah “naik tangga”.
    • City Council (Dewan Kota): Hal ini sama dengan belajar di school board, namun Anda akan menghadapi hal-hal yang lebih dari sistem pendidikan.
    • Walikota: Untuk kota yang lebih kecil, menjadi Walikota tidak akan begitu sulit jika Anda disukai orang-orang dan memiliki pengalaman. Hal ini juga merupakan poin awal yang bagus bagi karir politik Anda.
    • Pembuat Undang-Undang Negara: Menjadi badan pembuat Undang-Undang merupakan salah satu cara yang baik untuk masuk ke sistem politik. Para politisi ini biasanya dibayar dengan baik, dan mereka memiliki pengaruh pada skala yang lebih besar daripada kantor daerah. Memiliki karir ini akan membuat surat lamaran kerja Anda menjadi lebih baik sehingga dapat membuat Anda lebih mudah maju ke tahap selanjutnya.
  2. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 11
    2
    Percaya pada diri Anda. Mungkin hal tersebut tidak begitu berguna bagi Anda, namun ini adalah salah satu bagian terpenting untuk mencapai kesuksesan Anda. Jika Anda tidak percaya pada diri Anda, Anda akan seperti “keluar jam 10 malam ketika lawan Anda sedang berkoar-koar jam 2 malam”. Mengetahui bahwa Anda memiliki kemampuan pada diri Anda seringkali menjadi pergolakan dalam diri Anda.
    • Penting sekali untuk Anda agar selalu termotivasi. Anda akan selalu termotivasi jika Anda percaya pada diri Anda bahwa Anda lebih baik dari tetangga, masyarakat, atau orang-orang di sekitar Anda. Kelilingi diri Anda dengan orang lain agar mereka dapat membantu Anda ketika Anda jatuh – mereka akan mengingatkan Anda untuk percaya pada diri sendiri ketika hal tersebut adalah hal tersulit yang Anda lakukan.
  3. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 12
    3
    Mengumpukan dana. Untuk menjalankan partai politik, Anda membutuhkan uang. Idealnya, uang yang digunakan bukanlah uang Anda. Bentuklah tim yang Anda percaya untuk mengumpulkan dana.
    • Tempat terbaik untuk memulai adalah “Teman&Keluarga”. Ketika Anda tidak memiliki nama-nama yang sekiranya dapat membantu Anda, beginilah caranya. Pikirkan daftar nama “Teman&Keluarga” Anda yang beragam dari mulai teman semasa kecil hingga orang-orang lainnya.
  4. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 13
    4
    Buatlah semuanya sesuai urutan. Sebelum Anda mulai membuat persiapan untuk kampanye Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda sejalan dengan rekan Anda. Pertama dan terpenting, pastikan urusan keuangan Anda berurutan. Jika tawaran untuk pemilihan umum yang Anda berikan tidak berhasil, Anda akan menjadi pengangguran. Sehingga sebelum memutuskan menjalankan sebuah partai politik, pastikan Anda memiliki uang yang cukup untuk ditabung setidaknya untuk beberapa bulan setelah kampanye selesai.
    • Setelah itu, pastikan Anda mengatur semuanya dengan baik dengan pegawai Anda saat ini. Biarkan mereka mengetahui bahwa Anda lah yang menjalankan partai tersebut, dan biarkan mereka mengetahui bagaimana hasil pemilihan yang didapatkan. Mereka akan selalu mendukung Anda dan membantu Anda sebisa mungkin jika Anda memberikan peringatan sebelumnya.
    • Terakhir, pastikan teman dan keluarga Anda benar-benar sadar apa arti keputusan Anda. Mereka perlu tahu tanggungjawab yang Anda miliki jika Anda terpilih, juga mengetahui seberapa sibuknya Anda selama tahun pemilihan umum. Dan Anda juga dapat membuat seseorang yang penting baggi Anda menjadi tidak bahagia karena Anda tidak memberikan gambaran yang jelas pada mereka mengenai apa yang akan terjadi.

4
Saat Semuanya Mulai Berjalan

  1. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 14
    1
    Jadilah teman bagi orang lain. Menjaga karir politik membutuhkan teman dan sosialisasi. Pastikan bahwa Anda tidak berada di sisi yang salah. Ketahui kapan waktunya untuk menggulung lengan baju Anda dan berusaha – dengan segala jenis kehidupan: Orang kaya dan miskin memiliki satu suara.
    • Anda harus menadi “pelayan” di mata orang-orang. Jangan menjadi orang yang ingin mendapat balas budi dan berharap orang-orang melayani Anda hanya karena Anda ada dalam dunia politik. Anda harus melebarkan bantuan Anda kapanpun Anda mampu, dan Anda harus rela mengorbankan waktu pribadi Anda kapanpun mereka membutuhkan Anda.
  2. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 15
    2
    Gunakan uang Anda dengan bijak. Atasi hal-hal yang menyulitkan masyarakat, seperti masyarakat kelas menengah ke bawah. Kampanye yang agresif memang berhasil, namun tidak selamanya akan berhasil. Mengatur keuangan dengan hati-hati juga dapat menguntungkan Anda, karena Anda tidak akan dianggap mencoba “mengganti uang” yang Anda keluarkan dengan cara korupsi.
    • Sehingga jika uang Anda berputar, jangan biarkan uang tersebut terbang seperti burung kenari. Reputasi Anda adalah apa yang Anda “jaga” saat ini – jangan cemarkan nama baik Anda.
  3. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 16
    3
    Hindari masalah. Jika Anda melakukan perbuatan zina, sumber pendapatan yang dipertanyakan, dan masalah lainnya, ketahuilah masalah tersebut akan diketahui oleh khalayak. Ada beberapa rahasia dalam politik yang tidak tersingkap.
    • Lakukan yang terbaik agar Anda terhindar menjadi kaki tangan dalam keadaan sulit tersebut. Akan ada banyak orang yang suka melihat Anda jatuh – jangan biarkan mereka puas.
  4. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 17
    4
    Bergabunglah dengan orang-orang diluar sana. Ketika Anda memiliki waktu luang, susunlah acara pertemuan dan sampaikanlah pidato. Akan lebih baik jika orang-orang mengenal Anda secara pribadi daripada mengingat Anda dari spanduk. Hal ini membuat mereka mempercayai Anda dan menghargai usaha Anda untuk mau berbicara dan bergabung dengan mereka.
    • Jika Anda berada di balai kota atau gedung olahraga sekolah, mendekatlah. Tawarkan bantuan pada orang lain dan bergabunglah dengan orang-orang , lalu berjabat tanganlah. Semakin ramah diri Anda, semakin Anda menjadi diri sendiri, semakin besar pula kesan yang Anda tinggalkan pada orang-orang.
    • Jangan lupa menyebarkan aura positif dimanapun Anda berada. Energi positif dapat menarik orang-orang di sekitar Anda, namun energi negatif tidak akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk membuat kampanye Anda berhasil. Tidak hanya itu, kompetitor Anda akan membuat energi negatif Anda sebagai perlawanan di kampanye selanjutnya.
  5. Gambar berjudul Get Started in Politics Step 18
    5
    Pertahankan pandangan Anda. Anda mungkin memiliki ideologi politik, namun pastikan Anda memiliki pendirian yang kuat pada setiap isu yang ada selama kampanye Anda, dan isu lainnya yang mungkin datang. Politisi yang gagal adalah mereka yang mengubah opini mereka pada suatu isu tertentu. Mereka cenderung akan dipandang negatif oleh para pemberi suara. Berikanlah opini dan pertahankanlah.
    • Jangan pernah mengubah pandangan Anda pada situasi tertentu dan pada waktu tertentu. Pendirian Anda pada makan malam yang formal dan pendirian Anda di balai kota harus tetap sama. Tentu saja, ubahlah pakaian Anda, namun jangan mengatakan apa yang Anda tidak maksud untuk katakan. Dengan segala jenis media dan teknologi yang ada, apapun yang Anda katakan akan direkam dan dibandingkan dengan pernyataan Anda sebelumnya.

Saran

  • Dalam pemerintahan: kebanyakan, orang-orang lebih memilih calon tertindas. Anda harus menahan diri dari fitnah kandidat lainnya dalam dunia politik karena mereka yang memfitnah akan kena amarah dari masyarakat. “Lebih baik dilempar batu daripada melempar batu” – tidak diketahui
  • Lingkungan sekolah akan membantu Anda untuk dapat berteman dengan orang-orang dari seluruh lingkaran sosial. Anda akan mengetahui perasaan setiap kelompok tersebut. Lingkungan sekolah juga dapat membantu Anda untuk mengerti situasi jika ada kesalahpahaman antara Anda dan lingkaran sosial tertentu.

Perhatian

  • Jangan pernah menjadi orang yang meminta balas budi, karena Anda mungkin akan disebut sebagai orang yang suka “membalas dendam”, dan Anda akan kehilangan kredibilitas Anda sebagai seseorang yang dipercaya.
  • Jangan menyembunyikan apapun. Menyembunyikan sesuatu sering berarti bahwa hal tersebut bukanlah hal yang baik. Transparansi akan jauh lebih dihargai oleh orang-orang, apalagi saat ini kepercayaan sulit ditemukan, dan lebih sulit lagi jika diberi kepercayaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negeri Ini Butuh Pemimpin Muda Berjiwa Pejuang

Kenapa agama harus dipisahkan dari politik?